Sale Pisang Khas Rembang – Berawal dari kripik pisang lalu sale

Aroma khas sale pisang menghiasi kediaman Sri Enik yang terletak di Dusun Rembang, Desa Rembang, Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Ya, Enik merupakan salah satu pelaku usaha menengah kecil mikro (UMKM). Ia memproduksi aneka makanan ringan yang berasal dari buah pisang. “ Dulu awalnya hanya kripik pisang.

Lalu nambah sale pisang,” ungkap Enik saat dijumpai Jawa Pos Radar Kediri. Enik memproduksi kripik pisangnya sejak 10 tahun belakangan ini. Sedangkan sale pisangnya baru tahun kemarin, 2017. Diakui Enik, walaupun sama-sama olahan buah pisang. Pisang yang digunakan pun tidak sama. Untuk kripik pisang dari pisang Raja nanga sedangkan sale dari pisang marlin. Perempuan 55 tahun ini memproduksi olahan pisang berawal dari ketertarikannya memasak kripik pisang. Lalu menjualnya hingga menerima pemesanan konsumen. 9 tahun bergelut dengan kripik pisang. Enik berinovasi dengan bahan baku pisan jenis lain, pisang marlin. Untuk dijadikan bahan baku sale pisangnya.

Mau punya ikan koi? Baca ini dulu ya Cara Memelihara Ikan Koi

Sejauh ini ia mendapatkan bahan baku kripik dan sale pisangnya dari pemasok pisang dan pasar tradisional. Bila ketersedian bahan baku melimpah, ia bisa memproduksi jajanan inis etiap harinya. Namun bila bahan terbatas, ia terpaksa tidak melakukan produksi. “Disesuaikan dengan permintaan dan pesanan juga,” imbuhnya. Ia memproduksi pisangnya di dapurnya dengan ukuran 3×4 meter. Dengan model dapur outdoor. Enik menjalani usahanya ini dibantu dengan 3 karyawannya yang juga berasal dari warga setempat. Untuk sale pisang, dalam waktu sehari ia dapat memproduksi  sebanyak 25 kilogram bahkan lebih sesuai dengan pemesanan konsumen. Pemrosesan kripik pisang maupun sale pisang ini dari bahan mentah hingga siap konsumsi selama satu hari. Jajanan asli Desa Rembang ini juga pernah mengikuti pameran untuk produk-produk lokal. Tidak salah bila produknya sudah mengisi pasar Tulungagung dan Suerabaya. Dikemas dengan kemasan kecil-keci hingga kemasan plastik besar ukuran 2 kilograman. (rie)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *