Cara Merancang Filter Kolam Ikan Koi

Bagi anda yang saat ini sedang memelihara ataupun bahakan beranjak ke sebuah budidaya ikan koi mungkin akan sempat merasakan sukar ketika melihat kolam ikan koi anda tampak kotor dan nampak tak terawat padahal baru di kuras atau dibersihkan 2 hari yang lalu.

Cara Merancang Filter Kolam Ikan Koi

Nah,mungkin dalam hal ini bisa terjadi karena anda tidak menggunakan alat yaitu sistem filter air kolam ikan koi dengan baik,maka hal ini yang akan terjadi jika anda tidak menggunakan filter di dalam kolam,dan bila hal ini dibiarkan terus menerus maka nantinya cepat atau lambat akan membuat ikan koi mudah terserang penyakit dan menimbulkan kematian mendadak.

Jenis penyakit ikan koi tentunya sangat bermacam-macam yang mana dan tentu penyebab nya adalah kolam ikan koi kotor atau bisa saja karena ikan nya terkena parasit yang dapat menimbulkan penyakit pada ikan koi dan pastinya dalam hal ini dapat berakibat fatal yaitu hilangnya keindahan warna pada ikan koi karena memudar, atau dalam kasus berat akan menjadikan ikan koi cacat fisik, dan kasus yang paling parah adalah hilangnya nyawa pada ikan koi alias mati.

Sistem filter kolam koi ini sangat dibutuhkan bagi para penghobi ikan koi. Karena,memelihara ikan koi memang menjadi salah satu hobi yang cukup populer di berbagai belahan dunia tak terkecuali di Indonesia. Ikan koi ini biasanya banyak dipelihara di dalam kolam.

Nah,ketika berbicara persoalan yang ada kaitan nya dengan kolam ikan koi, ternyata ada berbagai jenis tipe kolam yang type ini sangat tergantung dari jenis ikan koi yang akan dipelihara. Dari beberapa jenis kolam koi tersebut diantaranya adalah jenis kolamĀ  dalam yang rata-rata mempunyai kedalaman lebih dari 2 meter, serta kolam dangkal yang rata-rata kedalamanya tak lebih dari 1 meter, maupun kolam alami yakni kolam tanah yang berada di sawah-sawah.

Pada umumnya jenis kolam ikan koi ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar batu bata atau bisa juga dengan  cor beton yang kuat dan kokoh,dengan berbagai macam bentuknya.

Apapun jenis kolam koi yang anda punya atau yang hendak akan anda buat, maka pastikan bahwa hal yang terpenting dari pembangunan kolam ikan koi adalah adanya sebuah sistem filter kolam koi. Sistem filter kolam koi ini tentunya sangat penting agar dapat menjaga kesehatan dan kesegaran ikan koi,serta dapat juga membuat air di dalam kolam tidak mudah keruh yang mana kebanyakan disebabkan oleh adanya sisa sisa makanan,atau kotoran lain.

Jika anda masih bingung tentang cara memilih dan memahami sistem filter kolam koi yang tepat, mungkin sedikit pembahasan pada artikel ini dapat membantu anda dalam menentukan jenis filter mana yang anda kehendaki.

Pembuatan Filter Kolam Koi

Kehidupan ikan yang berada di alam bebas, sungai misalnya, kondisi pada air mengalir ini akan membuat air terus menerus mengalir dari mata air yang jernih. Hal ini lah yang membuat supply oksigen yang diperlukan oleh ikan senantiasa tercukupi tanpa ada sedikit kekurangan.

Di dalam kolam buatan, sama sekali berbeda keadaannya. Kita harus benar-benar mengupayakan agar oksigen di dalam air kolam berada dalam jumlah yang mencukupi.

Dari kinerja ini akan dihasilkan pengeluaran dari pencernaan ikan koi yanbg berupa zat amonia yang keluar dan menjadi satu dengan kotoran ikan koi. Dan di samping itu, zat amonia ini juga dapat timbul dari sisa-sisa makanan juga dapat menghasilkan zat parasit yang berbahaya bagi tubuh ikan koi

Zat amonia merupakan salah satu jenis jenis zat yang mempunyai sifat racun dan sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup ikan koi. Sehingga zat amonia ini harus segera dikeluarkan dari dalam kolam ikan agar tidak mengendap terlalu lama di dasar kolam.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>